Penggunaan bahasa daerah setiap hari : DesaCanggu

Pengetahuan tentang karakteristik wilayah Jawa Barat untuk pengetahuan yang lebih baik

Tentunya ada fitur-fitur daerah Jawa Barat yang  perlu Anda ketahui  untuk  lebih memahami provinsi ini. Seperti yang kita ketahui, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak menarik perhatian dimana ibukota Bandung merupakan destinasi wisata bagi berbagai macam masyarakat.

Tentu ada hal menarik di provinsi ini yang membuat banyak orang menantikan liburan di tempat ini. Bagi  yang  ingin mengenal tempat ini lebih dekat, Anda perlu mengetahui beberapa fitur yang dimiliki dimana setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui karakteristik tersebut, Anda bisa  mengenal lebih dalam tentang daerah ini. Padukan dengan pengetahuan akan karakteristiknya, Anda bisa    tahu bahwa semua daerah di Indonesia sangat unik. Berikut beberapa ciri daerah Jawa Barat yang harus anda ketahui  dimana  membedakan provinsi ini dengan yang lain.

Tentu saja, fitur ini dikenal tidak hanya oleh orang luar, tetapi juga oleh penduduk asli Jawa Barat. Apalagi banyak kabupaten di provinsi ini yang memiliki keunikan tersendiri. Sangat disayangkan sebagai warga negara Indonesia anda tidak  mengetahui keunikan masing-masing daerah.

Apalagi karakteristik Jawa Barat tidak hanya dari segi budaya  , tetapi juga dari segi seni kulinernya. Dengan informasi tersebut Anda dapat  mengetahui  bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya dan masakan.

Namun, yang sangat disayangkan adalah banyak anak muda yang tidak tahu apa-apa tentang Indonesia bahkan tentang daerah tempat mereka tinggal sendirian. Kondisi ini, jika dibiarkan, bisa memaksa generasi muda kehilangan kecintaan terhadap negaranya.

Penggunaan bahasa daerah setiap hari

Salah satu ciri khas wilayah Jawa Barat adalah penggunaan bahasa daerahnya dalam kehidupan sehari-hari, karena kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak suku, sehingga juga memiliki  banyak bahasa  daerah. Maka tidak mengherankan jika satu pulau, namun terdapat banyak dan berbeda bahasa daerahnya.

Untuk Jawa Barat sendiri, ada juga bahasa daerah yang istimewa, yaitu Sunda. Tentu saja, bahasa Sunda memiliki kosakata yang berbeda dengan bahasa lain sehingga mudah untuk membedakannya. Ditambah lagi bahasa ini juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari selain bahasa Indonesia.

Jadi, penggunaan bahasa ini juga tidak terbatas pada bahasa Sunda, tetapi telah digunakan oleh semua orang di Jawa Barat. Karena penggunaan bahasa ini sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, karena bahasa tersebut merupakan salah satu ciri khas daerah Jawa Barat, ketika anda sedang  ramai dan menggunakan bahasa Sundandan, sesama suku pasti akan tahu  bahwa  anda berasal dari Jawa Barat hanya dengan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

Jadi tidak mengherankan bahwa perlu diketahui bahwa seseorang dari suatu daerah harus melihat bahasa yang digunakan sehari-hari. Meski banyak masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia saat ini, namun penggunaan bahasa daerah masih terus diterapkan sehingga tetap eksis dan tidak mengalah pada zaman.

Karena jika suatu bahasa daerah ditinggalkan, sangat disayangkan bagi generasi selanjutnya dimana mereka tidak mengetahui bahasa asli sukunya. Padahal, penggunaan bahasa inilah yang membedakan satu suku dengan suku lainnya.

Fitur karakteristikalat musik

Keistimewaan lain dari wilayah Jawa Barat yang  bisa anda lihat adalah alat musiknya.  Tentu saja , setiap daerah memiliki alat musik sendiri yang dapat menjadi identitas daerah tersebut, serta Jawa Barat. Untuk daerah ini sendiri pasti semua orang tahu salah satu alat musiknya yang khas, lebih tepatnya angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu.

Bahkan, banyak sekolah termasuk sekolah dasar di Jawa Barat yang harus menyediakan alat musik  tradisional ini. Apalagi bermain juga berbeda dengan alat musik modern seperti sekarang, karena hanya gemetar saja yang akan mengeluarkan suara-suara tertentu. Bahkan, karena popularitas instrumen, itu dikenal secara internasional.

Selain angklung, ada juga alat musik seruling yang masuk dalam ciri khas Jawa Barat. Jika dilihat dari bahannya hampir sama dengan angklung yang terbuat dari bambu. Namun yang membedakannya bisa dilihat dari bentuknya dimana seruling hanya terbuat dari 1 bambu. Dimana alat musik ini juga memiliki lubang yang nantinya berfungsi untuk mengatur nada.

Tentu saja, jumlah lubang pada instrumen ini juga tergantung di mana akan disesuaikan berapa banyak lagu yang akan diikuti. Namun, secara umum, hanya ada 4 lubang di seruling. Karena karakteristik alat musik ini, lagu-lagu Sundan harus diiringi dengan seruling ini. Bahkan, tidak jarang ketika seseorang berada di sawah bersenang-senang maka mereka akan memainkan seruling.

Fitur bagian makanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa karakteristik Jawa Barat juga  tercermin dari makanannya,  banyak makanan khas yang dimiliki bahkan ada di luar wilayah Jawa Barat. Kondisi ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang menyukai makanan khas provinsi tersebut. Sebut saja batagor atau siomay yang merupakan salah satu  jajanan  khas Jawa barat yang mudah ditemukan di bagian luarnya.

Makanan tersebut terdiri dari daging ikan dan dibungkus dengan kulit lumpia dan tahu serta diberi musim kacang tanah. Selain jajanan kaki lima, ada juga jajanan khas seperti blok Menes. Blok Menes sendiri merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong dan parutan kelapa yang berfungsi sebagai alat cukur. Camilan ini sendiri dicemburui oleh dua jenis, yaitu blok mayat dan blokmenes.

Selain itu, ada nasi oncom yang sangat populer bahkan masuk dalam salah satu   ciri khas Jawa Barat   yang berasal dari Tasikmalaya. Nasi oncom sendiri merupakan nasi yang dicampur dengan oncom yang dipanggang atau digoreng. Selama proses pencampuran, tidak hanya dicampur tetapi menunggu agar oncom dan nasi tercampur merata.

Selain itu, ada makanan ringan seperti serabi hijau yang merupakan makanan khas caravang. Tentunya serabi ini berbeda dengan yang lain karena proses produksinya yang hampir mirip namun ada tambahan daun kering untuk membuat warnanya lebih hijau. Tentunya penggunaan daun ini untuk menghindari penggunaan pewarnaan makanan agar aman saat dikonsumsi.

Karakteristik tarian tradisional

Ciri khas Jawa Barat juga tercermin  pada bagian tari tradisional yang jumlahnya banyak. Salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah Jawa Barat, lebih tepatnya Cirebon, adalah tarian topeng. Dimana kesenian ini memiliki makna, lebih tepatnya kisah kawanan gunung Sunnan ketika ingin menguasai kota Cyrebon. Namun saat itu terjadi serangan yang dilakukan oleh Pangeran Welang sehingga akhirnya terjadi peperangan.

Penggunaan topeng dalam tarian ini memiliki 13 warna dimana masing-masing jenis memiliki karakteristik dan penggunaan warna yang berbeda-beda. Namun, belakangan ini banyak yang hanya menggunakan warna merah putih dan penggunaan masker juga disesuaikan dengan tema acara yang berlangsung. Selain menari dengan topeng, ada juga tarian merak yang terinspirasi dari burung merak.

Burung merak sendiri merupakan simbol mahkota sehingga penari akan menggunakan mahkota saat beraksi. Tarian ini akan diiringi musik gamlan yang dimainkan oleh tiga orang. Tentunya tarian yang satu ini sangat populer bahkan di luar negeri. Selain tarian di atas, ada juga tari jaypong yang sudah sangat populer.

Namun , tarian ini menuaikontroversi karena  gerakannya yang cukup sensual namun belakangan ini sudah mulai dijaga kembali. Oleh karena itu, ini adalah beberapa fitur yangingin dicapai oleh provinsi ini. Saya tidak heran mempelajari karakteristik Jawa Barat  yang dapat membantu  melestarikannya sehingga generasi mendatang tidak mengetahui tentang adat budaya daerah  atau karakteristik Jawa Barat.

 

Read More :