Polri Terbaik, Kebanggaan Wilayah Jawa Barat : TeknoVidia

Temui Unit, Tim Terbaik dan Terbaru Kapolres Jawa Barat

 

Membahas kepolisian daerah Jawa Barat, tentu tidak lepas dari kesopanan dalam melayani, melainkan tegas dalam memberantas ketidakadilan. Hal ini disebabkan oleh filosofi masyarakat Sunda yang selalu dekat dengan alam agar tetap tenang dan tenang. Namun saat bertugas, ia tetap dihormati oleh orang-orang karena ia tegas.

 

Saat ini, ada kepala polisi daerah baru sebagai pengganti orang tua yang disebabkan oleh sesuatu yang istimewa. Banyak hal yang bisa kita bahas tentang Polda Jawa Barat, termasuk semua unit terbaik kebanggaan mereka yang paling kuat hingga ada tim patroli ternama hingga masuk televisi nasional Indonesia.

 

Siapa Kapolres Jawa Barat terakhir hari ini?

 

Jika tidak tahu siapa pemimpin sebenarnya dari Polda Jawa Barat, maka jawabannya adalah Irjen Ahmad Dofiri. Ia justru ditunjuk sebagai pengganti Irjen Rudy Sufahriadi di mana ia dicopot dengan alasan tidak mematuhi protokol kesehatan terbaru. Hal ini terkait dengan kepulangan salah satu ulama ke Indonesia.

 

Kapolres Jabar yang baru masih termasuk masyarakat Cimahi tempat ia dibesarkan dan mengenyam pendidikan di sana. Irjen Ahmad Dofiri lahir pada 4 Juni 1967 dan sudah memiliki seorang istri dan tiga orang anak. Keluarga ini telah menjadi insentif baginya untuk menjadi polisi terbaik.

 

Awal karier Irjen Ahmad Dofiri sendiri dimulai ketika ia masuk Polsek Tangerang pada tahun 2005, di mana ia langsung menjabat sebagai Kepala SDM TNI Polri. Kemudian berlanjut ke Polda Bandung pada tahun 2007, saat itu ia mulai memiliki banyak peran yang lebih penting bagi satuannya.

 

Selain itu, Kapolres Jabar yang baru juga bergabung dengan Densus 88, sehingga kita tidak perlu meragukan kualitasnya. Irjen Ahmad Dofiri memiliki andil dalam keamanan negara dari terorisme. Ia bahkan menulis buku tentang pemberantasan kejahatan teroris untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Penulisan buku ini berdasarkan pengalaman pribadi seorang Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara. Wilayah Sulawesi sendiri terkenal cukup berisiko dalam kaitannya dengan dunia terorisme, khususnya daerah Poso dan sekitarnya. Karena itu, Irjen Ahmad Dofiri berani mengambil keputusan untuk berjuang memberantasnya.

 

Polri Terbaik, Kebanggaan Wilayah Jawa Barat

 

Saat ini di Jawa Barat sama dengan daerah lain yang dilengkapi dengan unit atau unit kepolisian yang lengkap, salah satunya DVI. Unit ini memiliki peran dalam mengidentifikasi korban bencana alam atau kejahatan yang telah meninggal dunia. Tidak ada bedanya, artinya ada inafis yang bertanggung jawab atas sidik jari.

 

Selain itu, Kapolres Jabar juga memiliki peran khusus dalam melatih polisi pesisir dan wisata. Tentu saja, seperti namanya, itu akan bertanggung jawab untuk melindungi daerah pesisir dan pariwisata. Apalagi seringkali ada kejahatan kecil seperti pencurian atau kemacetan. Tugas lain adalah membantu orang yang hilang atau kehilangan kendali.

 

Ini sangat berbeda dari unit lain, seperti PBB, dengan tugas yang lebih besar, yaitu bagaimana penjaga perdamaian dikirim ke negara yang sedang berperang. Oleh karena itu, menjadi suatu kehormatan jika salah satu anggota Polda Jabar terpilih sebagai perwira PBB. Bahkan setelah kembali ke rumah, mereka sering diberi penghargaan.

 

Ada juga Densus 88 yang bertugas memberantas segala macam bentuk terorisme di dalam dan sekitar Jawa Barat. Tentu saja mencegah ing terlebih dahulu adalah pilihan terbaik yang selalu dibuat unit. Apalagi mengingat di Indonesia cukup berisiko untuk dikenalkan oleh teroris, apalagi bersembunyi di balik kedok agama.

 

Kemudian adalah K-9 di mana mereka sangat keren karena dilengkapi dengan anjing sebagai petugas. Mereka mampu mendeteksi berbagai macam hal penting, seperti mayat untuk obat-obatan. Terakhir, ada unit yang tidak kalah keren yaitu riding di mana berguna untuk melindungi ketika ada demo atau kerumunan massa.

 

Tim Patroli Ternama Bentuk: Polda Jawa Barat

 

Selain terkenal dengan unitnya, ternyata banyak daerah di Jawa Barat yang membentuk tim patroli sendiri untuk keperluan keamanan, salah satunya Tim Jaguar. Jaguar sendiri diciptakan dan dipimpin oleh Iptu Winam Agus sebagai pemimpin dan pada akhirnya berhasil mengamankan segala macam aktivitas warga masyarakat, khususnya di Depok dan sekitarnya.

 

Hal ini tentu membuat Kapolres Jabar menghargai kemampuannya melindungi daerahnya. Kita dapat melihat sendiri bahwa Jaguar mampu mengurangi tingkat kejahatan melalui tindakannya di acara televisi. Masyarakat Indonesia juga lebih tenang jika polisi selalu mampu menjaga daerahnya sehingga tidak ada lagi kejahatan di jalanan.

 

Apalagi memberantas geng motor sebenarnya menjadi salah satu tujuan Jaguar, khususnya di Jakarta Selatan. Hal ini kurang lebih sama dengan Tim Pradu di Bandung yang tujuan awalnya sebenarnya untuk membasmi geng motor. Selain itu, Bandung berisiko terlibat perkelahian geng karena banyak pergaulannya.

 

Selain itu, Bandung memang cukup sering terjadi hingga legalisasi, sehingga nantinya banyak pihak yang bergabung dalam tim Prabu. Nantinya, dari unit kejahatan jalanan hingga narkoba Polda Jawa Barat, mereka akan bekerja sama. Tim lain, yaitu Cobra de Bekasi, bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sana.

 

Bekasi sendiri masih merupakan kota besar dan beranggotakan banyak asosiasi organisasi atau geng motor. Hasilnya adalah untuk menghindari teror kejahatan, perkelahian dan geng motor melalui patroli. Di sini tim kobra selalu dapat berpatroli setiap malam dengan staf yang cukup untuk menekan kejahatan yang mungkin terjadi.

 

Cara melaporkan permasalahan kejahatan ke Polda

 

Jika anda merasa melihat atau merasakan langsung kejahatan tersebut, anda sebenarnya bisa melaporkannya langsung ke markas polisi terdekat. Ini adalah langkah terbaik karena umumnya, meskipun mereka sudah melapor ke call center dan tim patroli biasanya harus melapor secara resmi ke kantor.   Maka semuanya akan lebih berhati-hati.

 

Meski begitu, untuk aksi awal, selain melapor langsung ke polda Jabar , kini bisa dihubungi oleh channel lain seperti call center dan media sosial. Jika Anda ingin menghubungi call center, hubungi saja 911. Jumlah ini tentu saja selalu aktif 24 jam.

 

Menelepon call center ini juga gratis karena merupakan layanan bagi warga masyarakat. Nanti Anda dapat melaporkan semuanya, tidak hanya kejahatan, tetapi kecelakaan atau kerusuhan warga, terutama yang terkait dengan perkelahian atau perkelahian, itu harus mengganggu ketertiban, jadi kita harus segera menyelesaikannya dengan memanggil pihak berwenang.

 

Selain call center, menghubungi kantor bisa melalui media sosial, yaitu melalui akun Facebook resmi, Instagram atau Twitter secara langsung. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua unit kepolisian dilengkapi dengan media sosialnya masing-masing. Jadi anda harus tahu akun mana yang asli karena seringkali ada beberapa akun palsu.

 

Paling baik bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya untuk selalu siap memiliki call center atau nomor media sosial resmi. Selain itu, membuat Anda dapat menghubungi pihak-pihak terkait jika terjadi kejahatan, baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain.

 

Melihat betapa seriusnya mereka dalam melayani masyarakat, tak heran jika ke depan bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Terutama dalam sistem perawatan langsung, seperti pembentukan tim patroli di berbagai daerah.   Selain itu, Polda Jawa Barat terus berbenah untuk tetap hadir sebagai sahabat umat.

Read More